Minggu, 24 Juli 2011

PLUG INSERT Virtual

Dalam system tata suara (sound system), outpur audio yang diperdengarkan dari loud speakers atau headphone begitu terasa lunak, ringan, renyah, tidak membuat telinga kita sakit. Karena apa? Karena source audio seperti drums, bass, vocal, dll diolah dalam mixer. Tetapi hanya menggunakan mixer dirasa tidak cukup. Mixer hanya sebatas memberi tambahan gain, equalisi, dan panel volume. (nb. mixer kini sudah banyak diproduk dengan melengkapi sound efx, meskipun hanya sebatas sederhana). Semua itu tidak memberi kepuasan bagi penataan audio yang baik. Oleh sebab itu, Mixer memerluka piranti tambahan yang disebut PLUG-INS. Kebutuhan ini umumnya adalah Compressor, Mic PreAmp, Equalizer, Noisegate, Sound Efex (delay, reverb, dll).
Mari kita simak satu persatu fungsi masing-masing .

COMPRESSOR
Compressor berfungsi untuk menahan sinyal source audio berlebihan, dan seringkali terjadi clips (overload). Ini paling sering terjadi untuk instrumen Drums, Percussions, Vocal (berteriak), Bass. Untuk menahan laju suara berlebihan, compressor lah yang menangani. Besaran input dapat kita set sesuai keinginan. Banyak pula terjadinya kerusakan Speaker (jebol) karena tidak digunakannya compressor.

MIC PRE AMP.
Microphone, khususnya pada vocal seringkali tak mampu menjangkau semua detail vocal penyanyi. Apalagi bila kemampuan suara penyanyi tergolong pas-pasan, kurang power. Ini mengakibatkan lemahnya penerimaan sinyal di Mixer. Apalagi jika yang dihadapi adalah Band, Vocal penyanyi tenggelam oleh deru instrumen musik. Mic Pre Amp adalah piranti yang mampu untuk mengangkat besaran range magnet microphone. Tetapi harus berhati-hati, terlalu besar akan mengakibatkan feedback. Dalam proses rekaman juga tidak jauh beda.

NOISE GATE
Noisegate berfungsi untuk menghilangkan suara-suara yang tidak perlu, yang disebut noise. Noise biasanya masuk akibat kebocoran suara lain di sekitar microphone. Penggunaan microphone sudah dapat dipastikan tak pernah bisa menghilangkan sama sekali noise gate. Selain itu noisegate juga berfungsi memotong suara yang panjang, asal impuls nya tidak besar. Noisegate paling seringdigunakan untuk micking drums. Sehingga detail pukulan drums tidak tumpang tindih satu dan lainnya. Penggunaan Noisegate pada vocal harus lebih berhati-hati. Bisa-bisa jika berlebihan, artikulasi vocal menjadi tidak jelas akibat terpotong-potong.

EQUALIZER.
Equalizer adalah piranti untuk memperbaiki, mewarnai suara yang masuk ke dalam mixer. Apakah suara akan dibuat terang (bright), jernih, flat, tebal, atau berat (low) itu tergantung pada kebiasaan telinga operator. Cara kerja equalizer adalah dengan memperbesar/memperkecil frekuensi tertentu. (20 Hz - 20 kHz). Sebagai catatan saja, umumnya frekuensi vocal lebih diwarnai pada besaran frekuensi medium.

SOUND EFEX.
Langkah terakhir, adalah memberi sound efex,  yang umumnya digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dari sekian jenis sound efex, jangan terburu nafsu untuk menggunakan semuanya. Delay, Reverb secara sederhana sudah dapat memberikan warna tersendiri.

Dari semua yang ada di atas, dalam perekaman digital hampir semua software perekaman sudah dilengkapi fasilitas itu, meskipun dalam wujud virtual. Itu semua disebut Plug Insert. Sebagai contoh Anda bisa melihat Plug Ins virtual yang terdapat pada Software CUBASE SX di bawah ini.

Disamping adalah plug ins virtual VST Dynamics yang sekaligus menyajikan fungsi Compressi, Noisegate, dan Soft Clips. Anda tinggal mengatur Threshold dan Ratio untuk memberi batasan compressi. Dan seterusnya... Cubase SX banyak menyediakan plugins lainnya yang jika Anda explore, pasti akan memperoleh kualitas suara yang hebat. Makin banyak Anda menggunakan Plug Ins, pastinya kerja komputer juga semakin berat.
Jika Anda masih belum puas dengan PlugIns yang tersedia, Anda masih bisa menginstall software Plug Ins lainnya yang compatible dengan VST. Misalnya : T-Racks (Analog Mastering Plug-In), Guitar Combo (amplication virtual), Sonic Finalizer, dll yang sudah banyak dipasaran.


Amplitube Cabinet - Guitar Combo

Jika Anda pengguna aplikasi MIDI, Anda akan dimudahkan dengan berbagai Plug Ins Virtual, seolah-olah Anda memiliki Sound Banks. Keyboards MIDI Anda diperkaya dengan bermacam produk suara, dari piano real, hingga suara shythesizers. Produk yang mungkin banyak diproduksi di pasaran seperti Sample Tank (piano, D Drums, Strings), ABShynt, Guitar Rig, Drums&Bass Rig, Virsyn Cube, Sax Lab, Native Instruments, Moog Modular, Piano Teq, Martin Acoustic Guitar, Reason, dll. Termasuk jika Anda ingin memiliki sebuah Orchestra yang lengkap, Anda bisa menemukan Software Personal Orchestra atau yang lainnya. MIDI Anda mampu memberikan explorasi suara yang maha dahsyat.

Akhirnya di tangan kreatif Anda ini semua bisa menjadi manfaat. Selamat mencoba...

2 komentar:

  1. Tutorial yang mantap ... bisa menambah wawasan .... Salam perkenalan dan persahabatan.
    Kunjungi blog aku di http://chorddigital.blogspot.com. Thx

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Semoga bermanfaat...

    BalasHapus