Kamis, 30 Juni 2011

AUTOTUNE , Membuat KeajaibanTuning Nada dalam Rekaman

Ketika Anda mendengarkan music, khusunya Vocal dari hasil proses rekaman, pasti hampir bisa dipastikan tidak mendengar suara Fals dari seorang penyanyi. Bandingkan ketika penyanyi yang sama berada di panggung live perform. Kadang kita bisa dibuat geli seorang penyanyi rekaman berada di atas panggung seolah tidak bisa menyanyi seperti yang terdengar di rekaman audionya.
Teknologi berbicara. Antares Audio dengan produk AUTOTUNE membuat seluruh dunia musik tercengang. Autotune yang berfungsi sebagai Plugins (software pelengkap) dari software perekam (Cubase, Nuendo, Sonar, Protool, dll) menciptakan keajaiban yang luar biasa. Kita bisa menentukan besaran frekuensi untuk suara rekaman analog, seperti suara manusia. Suara yang sudah terekam, disesuaikan secara otomatis oleh Autotune, sehingga tepat menyentuh frekuensi yang diinginkan. Itu bisa dilakukan satu persatu , nada per nada, atau lagu secara keseluruhan. Tentukan saja nada dasar dari lagu yang terekam. Sudah bisa dipastikan, Autotune akan bekerja sesuai perintah kita. Selesai sudah. Pekerjaan merekam Vocal menjadi lebih ringan, tidak berulang-ulang. 
Tetapi untuk memberi perintah langsung sangat tidak disarankan. Sudah selayaknya penyanyi harus memiliki suara vocal yang baik. Tuning nya harus tepat. Gunakan Autotune jika memang sudah benar-benar dalam keadaan terjepit, misalnya dikejar waktu. Atotune bisa diandalkan.
Selamat mencoba....

2 komentar:

  1. Di mana sy bisa dptkan software tersebut ?...bisa sms ke 081372205505.

    BalasHapus
  2. Saya sendiri menemukan software ini di pasaran software komputer. Jika di Bandung, dijual di BEC, Jl. Purnawarman.

    BalasHapus