Minggu, 26 Juni 2011

CUBASE SX , Aplikasi Perekaman Multitrack

Perkembangan teknologi terus menerus mengalami kemajuan, memberikan layanan aplikasi yang lebih mudah dan lebih realsounds. Salah satunya adalah CUBASE. (Cubase Pro, Cubase SX, Cubase LE)
Mengikuti software ini sejak muncul dari versi yang pertama, rasanya memberikan pengalaman yang mengasyikan. Salah satu produk unggulan dari Steinberg ini boleh dikata mendekati dunia perekaman profesional. Produk serupa diluncurkan Steinberg, bernama NUENDO. Keduanya memiliki kemiripan dalam pengoperasiannya.
CUBASE SX kini mengalami kemajuan yang luar biasa. Fitur-fitur aplikasinya semakin memberikan kenyamanan dalam proses recording studio.

Jika Anda ingin mencobanya, silakan download Sofware CUBASE SX 3 (part1). Jangan lupa juga CUBASE SX3 (part2). Dan tentunya install software tersebut.

Dan selanjutnya periksa instalasi komputer Anda, source input suara (mic atau line in), Audio device, dll.. Setelah itu semua siap, Anda bisa memulai merekam musik Anda, track per track, atau sekaligus multitrack jika Soundcard Anda memberikan dukungan ke arah sana. Umumnya menggunakan komputer biasa hanya memiliki 2 track (L - R) melalui jalur Line In.. Atinya L input 1, R input 2. Jika Anda menggunakan jalur microphone, hanya 1 jalur sebagai jalur masuk suara.


DEVICE SETUP.
  • Periksa Audio Driver.
  • Periksa Control Panel
  • Periksa Buffering
  • Click Expert, pilih Low Latency.






MENJALANKAN RECORDING.

  1. Pilih track input.
  2. Tentukan jalur input (L/R)
  3. Uji source input dengan melihat indikator input (hijau)
  4. Gunakan metronome jika diperlukan untuk guide pengisian suara. Dan jangan lupa tentukan birama musik yang akan dibuat (3/4, 4/4, 6/8).
  5. Sesuaikan Tempo (Default tempo 120).
  6. Mulailah merekam bagian ke bagian musik yang lain.
  7. Gunakan tombol singkat di panel Numlock, seperti : * (record) ,Space Bar (mulai/stop),  . (titik) - ke awal, 1 - awal cursur, - mundur, + maju, dll.
  8. Usahakan input suara tidak sampai clips (overload).
  9. Pindahlah ke track lainnya untuk merekam bagian musik yg lain.
Anda bisa memonitor input dari Mixer (F3).

PROSES EDITOR.
Cubase SX menyediakan fasilitas editor, seperti equalizer, compressor, noisegate, reverb, dll per tracknya. Termasuk berbagai Plugins yang tersedia dalan default nya, atau yang diinstall secara khusus. Contoh berikut adalah VSTDynamics, meliputi Gate, Compressor, Clips.

Saya kira dalam blog ini tidak mungkin untuk menuliskan semuanya. Tulisan ini hanya sekedar memberikan stimulasi. Selanjtnya itu semua tergantung kreativitas Anda. Wujudkan mimpi Anda untuk memiliki studio recording sendiri dalam 1 PC Anda. Selamat berkarya.

VIDEO TUTORIAL CUBASE SX

1 komentar: