Kamis, 26 November 2009

Tips Sampling without Recording Studio Drums

Untuk rekaman drum, tentu saja sangat sulit untuk merekam drums secara live dengan peralatan terbatas (misal, hanya memiliki 2 chanel, L/R pada souncard) . Recording (tracking) drum di studio profesional, perlu sedikitnya delapan input/chanel (Kick, Snare, HH, tom1, tom2, Floor Tom, Overhead1, dan overhead2). Sementara umumnya untuk home recording hanya memiliki dua mic input (stereo).

Ada trik yang dapat Anda lakukan.

Pertama dengan cara MIDI
Menggunakan aplikasi perangkat lunak drum. Untuk semua perangkat lunak perekaman MIDI umum menyediakan fasilitas ini. Input data dilakukan dengan menghubungkan kabel MIDI ke keyboard (General MIDI) sebagai controler, atau menulis notasi secara manual.

Kedua. Membuat sampel sound drum yang digunakan, melalui Soundforge, atau yg lainnya.

Oke ..., berikut ini akan menjelaskan bagaimana membuat drum pengambilan sampel menggunakan fasilitas FruityLoops perangkat lunak. (Lihat tutorial FruityLoops deskripsi singkat).

1. Buatlah pola sesuai dengan drum beat pada musik FruityLoops yang Anda rencanakan. Pertimbangkan pengaturan tempo dan metrum yang digunakan. Lakukan hal yang sama untuk pola drum yang lain, drums2, drum Fill-in, dll).


2. Satu per satu pola telah diserahkan atau diekspor ke dalam format wav. Penyimpanan file dalam "Audio" folder yang Anda mempersiapkan depan untuk rekaman menggunakan Cubase SX.

3. Buka Cubase SX dengan mematikan frutyloops pertama (jika keduanya terbuka, soundcard crash). Buka file rekaman yang akan diselesaikan.

4. Membuat trek baru di Cubase SX untuk melacak drum (stereo).

5. Impor file ke trek FruityLoops drum adalah hasil.

6. Gunakan copy-paste untuk mereproduksi drum track.

7. Jika pada bagian tertentu, memukul drum berubah, menggunakan cara yang sama (data impor wav).

Hasilnya tidak terlalu jauh di studio. Lumayan untuk menghemat biaya produksi.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar