Selasa, 17 Februari 2009

MIDI part 1

Senangnya di jaman era digital. Mau bikin musik lebih mudah. Pernah denger, file musik yang extensinya *.MID? Itu adalah salah satu format musik yang paling kecil dibandingkan dengan format *.aif , *.mp3 atau *.wav dan juga Audio CD, Tapi sayang, midi hanya bisa untuk musiknya.Vokal ? Sayang sekali nggak bisa. Juga audio yang ketika diinput berupa analog.

Sebenarnya apa sich
MIDI itu?
MIDI singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. Teknologi canggih ini awalnya untuk keperluan musisi, khususnya pemain keyboard untuk menghubungkan beberapa keyboard ketika dimainkan bersamaan. Musisi hanya mengendalikan dari satu papan keyboard untuk membunyikan keyboard lainnya. Sound product pastinya lebih luas dan lebar. Buat yang memiliki keyboard, coba tengok keyboard Anda, apakah berfasilitas GM MIDI, apakah memiliki disc drive, apakah memiliki IN-OUT-THRU MIDI. Keyboard produk terkini, hampir kebanyakan sudah memiliki fasilitas ini, sepertiYamaha PSR 2000/3000, Technics KN 3000, KORG PA 50/80, dan keyboard profesional lainnya.

Nah.. sekarang keyboard lainnya mulai tergantikan
Komputer PC atau Labtop. Standar Soundcard sudah memiliki sound bank berstandar MIDI. Komputer kini berfungsi sebagai alat rekam. Perkembangan MIDI diikuti oleh makin banyaknya product software music MIDI dengan keunggulannya masing-masing. Biasanya software MIDI memberikan fasilitas penulisan notasi secara otomatis ketika kita menginput data music. Bahkan karya musik kita bisa di print-out(tentunya notasi balok). Sebagai contoh software yang ada di pasaran diantaranya : CAKEWALK - SONA
R, CUBASE SX, FRUITY LOOPS, REASON, NUENDO, dll. (Sebaiknya gunakan satu software saja, dan kuasai hingga berhasil) Bila masih kurang dengan fasilitas itu, beberapa software yang bersifat Plug-Ins atau pendukung banyak sekali. Ya... itu sich harus dicoba satu persatu, seperti : Virtual Bass, Virtual Guitar, Sample Tank, Symphonic Orchestra, dll.

Kebutuhan standar yang harus dipenuhi untuk ber MIDI ria, diantaranya:
1. Komputer Multimedia + Speaker yang cukup baik.
2. Keyboard dengan Standar GM MIDI, atau pakai MIDI Controller.
3. Kabel MIDI , yang menghubungkan Keyboard dan Komputer (ada yang menggunakan Game Port atau USB).


Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mensetting MIDI, diantaranya :
1. Hubungkan keyboard Anda dengan komputer.
2. Setting Audio Komputer Anda dengan cara Ctl-Panel - Audio. Periksa fasilitas MIDI Audio yang sesuai dengan KOmputer Anda. Volume MIDI cukup memadai.
3. Masuki salah satu software yang Anda inginkan.
4. Mulailah mencoba merekam music Anda track per track. Tapi jangan lupa pilih terlebih dahulu sound yang dinginkan pada track tersebut. Pada standar MIDI memiliki produk 127 suara. Sebaiknya pada saat merekam, gunakan fasilitas metronom yang ada pada software untuk memandu saat perekaman.
5. Simpanlah file tersebut dalam format *.MID.

Selesai sudah.

Tunggu tulisan lain tentang MIDI pada bagian berikutnya.

1 komentar:

  1. Wah.... sangat bermanfaat gan, tapi gak ada tu software gratisnya, biar bisa langsung nyoba?

    BalasHapus