Kamis, 26 Maret 2009

MIDI Part 2

Menjadi arranger melalui Reason


Pada tulisan soal MIDI bagian I digambarkan bahwa MIDI itu adalah teknologi komunikasi antar instrumen musik, khususnya keyboard dan juga komputer. Melalui aplikasi MIDI keyboard akan saling berkomunikasi data melalui kabel MIDI. 
Kalau begitu tentunya bagi pemain keyboard atau piano akan dimudahkan untuk mengaplikasikan MIDI?
Benar.., beruntunglah para keyboard/piano player di era digital ini. Dengan perantara kabel MIDI, perintah komputer dilakukan diatas tuts keyboard. Mau menulis musik? Mau memainkan semua produk warna suara instrumen? Mau menyusun arransemen Anda yang selama ini Anda impikan? Semuanya bisa dilakukan hanya mengandalkan tuts keyboard.
Secara default, General MIDI memiliki 127 bank suara, dari sound 
piano, strings, brass, bass, guitar, dst.. hingga sound efx (halilintar, hujan, kicau burung, bom, dll). Banyak software di pasaran yang menyediakan aplikasi MIDI, seperti : Cakewalk, Cubase, Finale2000, dll. Bahkan jika musik Anda berhasil direkam secara MIDI, Anda dapat print out hasil karya Anda, misalnya melalui cakewalk. 
Tapi terus terang saja, sepanjang pengalaman penulis, hasil suara yang dihasilkan dengan MIDI Default tidak pernah puas. Produk musik yang dihasilkan terasa tidak manusiawi, kesan digital begitu kentara. Ada beberapa software yang diistilahkan dengan Plug-Ins, yaitu software-software pendukung untuk menghasilkan suara yang lebih jelas warna suaranya, seperti sampletank2, virtual guitar, virtual bass, virtual instrumen, dll (sangat banyak sekali). Secara digital software plugins akan mendekati produk sound yang lebih natural. (Tunggu tulisan bahasan tentang Plug Ins)
Keajaiban terjadi... sebuah Software Reason membawa harapan bagi para musisi untuk mendapatkan suara-suara yang lebih natural. Reason menggunakan sistem sampling dari berbagai suara-suara instrumen di dunia ini. Namanya juga sampling, suara yang dihasilkan mirip seperti aslinya atau analog. Ibaratnya jika Anda menggunakan Reason, seperti kita memiliki sebuah studio besar dengan berbagai perangkat yang luarbiasa. Sampai sekarang software ini sudah memasuki 
Reason ver 4.0. Selain menyediakan berbagai produk sound, reason memiliki perangkat untuk mastering dari keseluruhan karya Anda. Sebenarnya reason mengandalkan telnologi MIDI juga, hanya saja sound yang digunakan adalah sound hasil sampling tadi. Ingin mengarranger sebuah orkestra, Anda bisa dapatakan suara segala instrumen orkestra yang diinginkan, mirip dengan asliya. Lalu jika Anda mengkomposisi combo band, banyak tersedia perangkat musik yang biasa kita mainkan di format combo band. Lalu jika ingin mempermudah pekerjaan Anda dalam Rhytm, juga di reason sudah tersedia Loops Rhytm. Dan seterusnya... Dalam semua pekerjaaan musik, reason juga menyediakan editor musik untuk mengontrol bagian-bagian musik yang kurang pas menurut ukuran kita. 
Secara kreatif, penulis yakin Anda akan secara mudah menguasai software ini. Hanya saja untuk menginstallnya, Anda perlu menyiapkan space Harddisk cukup besar, seukuran 3 keping CD yang harus terinstall semua. Jika masih belum puas dengan sound-sound standar, Anda bisa merefill sound-sound baru dengan hanya mengcopy ke harddisk Anda.
Ok.. Selamat mengkreasikan musik Anda dengan keajaiban yang diciptakan Reason.
Untuk referensi, silakan masuki 
http://www.propelerhead.com

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar